TERSEDIA : BUKU ANALISIS - BUKU BIOGRAFI - BUKU BISNIS - BUKU CERITA - BUKU DEWASA - BUKU HUMOR - BUKU MANAJEMEN - BUKU MOTIVASI - BUKU NOVEL - BUKU PELAJARAN - BUKU PERDAGANGAN - BUKU PSIKOLOGI - BUKU RELIGI - BUKU TUTORIAL - GADGET HEWAN - GADGET PERMAINAN - GADGET JAM - GADGET KALENDER - RANGKAIAN ELEKTRONIKA - SMS GRATIS

Wednesday, November 02, 2011

Gelombang

Gelombang didefinisikan sebagai getaran yang merambat melalui medium. Medium gelobang dapat berupa zat padat, cair, dan gas. Pada proses terjadinya gelombang, materi-materi dalam medium tidak akan merambat. Dalam perambatannya, gelombang memindahkan energi. Hal ini karena gelombang memiliki energi sehingga perambatan gelombang berarti pula perambatan energi. Jadi, energi dapat berpindah dari satu tempat ketempat lain melalui gelombang. Contohnya gelombang laut atau ombak memindahkan energi kebenda apa saja yang merintanginya sehingga mampu menghancurkan kapal atau karang.
Berdasarkan arah getarannya, gelombang dibedakan menjadi gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus terhadap arah perambatannya. Pada gelombang transversal, yang merambat adalah bentuk bukit atau lembah. Perambatan ini hanya dapat terjadi pada zat yang kenyal (elastis). Oleh karena itu, gelombang transversal hanya dapat terjadipada zat padat. Gelombang longitudinal adalah gelombang arah getarannya serah dengan arah perambatannya. Pada gelombang longitudinal, yang merambat adalah rapatan dan renggangannya. Rapatan dan renggangan dapat terjadi pada semua zat. Oleh karena itu, gelombang longitudinal dapat merambat pada semua wujut zat (padat, cair dan gas).

Komentar
0 Tanggapan
Tweet

0 comment:

Post a Comment

 
Obrolan