TERSEDIA : BUKU ANALISIS - BUKU BIOGRAFI - BUKU BISNIS - BUKU CERITA - BUKU DEWASA - BUKU HUMOR - BUKU MANAJEMEN - BUKU MOTIVASI - BUKU NOVEL - BUKU PELAJARAN - BUKU PERDAGANGAN - BUKU PSIKOLOGI - BUKU RELIGI - BUKU TUTORIAL - GADGET HEWAN - GADGET PERMAINAN - GADGET JAM - GADGET KALENDER - RANGKAIAN ELEKTRONIKA - SMS GRATIS

Wednesday, November 02, 2011

Minyak Transformator

Sekilas promosi efektif menggunakan media iklan inline.

Minyak transformator merupakan cairan yang digunakan sebagai isolasi dan pendingin transformator, oleh sebab itu kemurnian minyak transformator harus selalu diperhatikan. Disamping itu temperatur minyak transformator harus selalu di pantau karena dapat menyebabkan terjadinya pemuaian sehingga memungkinkan terjadinya kontaminasi akibat pertambahan volumenya. Faktor tersebut di atas menyebabkan rugi-rugi dielektrik yang dapat mengurangi kekuatan dielektrik minyak transformator sehingga mempercepat proses breakdown minyak transformator.
Pemeriksaan dan pemeliharaan yang dilakukan secara teratur terhadap cairan isolasi transformator merupakan cara yang paling efektif untuk mempertahankan kondisi operasinya sehingga diperoleh umur pakai minyak transformator yang maksimal. Udara dan kelembaban yang selalu berhubungan dengan minyak panas dapat mengakibatkan terjadinya oksidasi berupa terbentuknya senyawa asam dan endapan. Endapan ini akan mengganggu proses pendinginan serta memicu terjadinya busur api listrik antara bagian-bagian transformator. Apabila dalam minyak transformator terdapat kelembaban, maka dapat terbentuk jalur-jalur hubung singkat, menurunkan daya isolasi minyak dan diserap oleh bahan isolasi lainnya.
Minyak transformator dalam kondisi baru harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan sebelum dioperasikan. Akan tetapi kondisi minyak transformator ini setelah dioperasikan tidak dapat bertahan lama, karena dalam kondisi berbeban, kumparan transformator akan menimbulkan panas hingga 80oC. Panas ini akan disalurkan ke konservator yang terletak pada bagian atas transformator dan berhubungan dengan udara luar. Karena beban transformator setiap saat selalu berubah, maka pemuaian minyak transformator menjadi tidak konstan. Proses keluar-masuknya udara inilah yang dapat merusak minyak transformator tersebut. Udara luar mengandung zat asam (oksigen) yang bereaksi dengan minyak transformator yang mengakibatkan timbulnya senyawa-senyawa asam dan air pada minyak transformator. Adanya persenyawaan asam ini menyebabkan peningkatan keasaman minyak transformator dan menurunnya tegangan tembus pada minyak transformator tersebut.

Komentar
0 Tanggapan
Tweet

0 comment:

Post a Comment

 
Obrolan