TERSEDIA : BUKU ANALISIS - BUKU BIOGRAFI - BUKU BISNIS - BUKU CERITA - BUKU DEWASA - BUKU HUMOR - BUKU MANAJEMEN - BUKU MOTIVASI - BUKU NOVEL - BUKU PELAJARAN - BUKU PERDAGANGAN - BUKU PSIKOLOGI - BUKU RELIGI - BUKU TUTORIAL - GADGET HEWAN - GADGET PERMAINAN - GADGET JAM - GADGET KALENDER - RANGKAIAN ELEKTRONIKA - SMS GRATIS

Friday, October 21, 2011

Format Dasar Html

Sekilas promosi efektif menggunakan media iklan inline.

Bahasa HTML (tag) dapat ditulis/dibuat melalui berbagai macam word editor, misalnya Notepad, Wordpad, PHP Designer 2005, dll. Tag-tag tersebut dapat dituliskan dengan huruf besar ataupun huruf kecil. Setelah tag HTML ditulis dengan menggunakan Notepad atau word editor yang lain, simpanlah file tersebut dengan format file nama_file.htm atau nama_file.html Sebagai contoh, file HTML tersebut disimpan dengan nama index.htm atau index.html.
Setiap halaman web/blog setidaknya memiliki format dasar html seperti di bawah ini :
...
<html>
<head>
<meta>
<title> … </title>
</head>
<body>
</body>
</html>

Keterangan:
  1. Tag html secara default dimulai dari <html> dan diakhiri dengan </html>.
  2. Tag <head> … </head> merupakan tag kepala sebelum badan. tag kepala ini akan terlebih dulu dieksekusi sebelum tag badan. di dalam tag ini berisi tag <meta> dan <title>.
  3. Tag <meta> merupakan informasi atau header suatu dokumen html. atribut yang dimiliki oleh tag ini antara lain: http_equiv, atribut ini berfungsi untuk menampilkan dokumen html secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. content, atribut ini berisi informasi tentang isi document html yang akan dipanggil. name, atribut ini merupakan identifikasi dari meta itu sendiri. tag <meta> dalam suatu document html boleh ada maupun tidak.
  4. Tag <title> … </title> adalah tag judul. sebaiknya setiap halaman web memiliki judul, dan judul tersebut dituliskan di dalam <title> … </title>. judul ini akan muncul dalam titlebar dari browser.
  5. Tag <body> … </body> adalah tag berisi content dari suatu halaman web/blog.

Dari tampilan pada browser, dapat terlihat bahwa apa yang ditulis pada <title> … </title> akan muncul pada titlebar browser dan apa yang ditulis pada <body> … </body> akan muncul pada halaman web. Untuk selanjutnya, dapat diperhatikan tag - tag yang ada di dalam <body> … </body> karena bentuk tampilan / desain web tergantung pada tag yang ditulis di dalam <body> … </body>.

Komentar
0 Tanggapan
Tweet

0 comment:

Post a Comment

 
Obrolan