TERSEDIA : BUKU ANALISIS - BUKU BIOGRAFI - BUKU BISNIS - BUKU CERITA - BUKU DEWASA - BUKU HUMOR - BUKU MANAJEMEN - BUKU MOTIVASI - BUKU NOVEL - BUKU PELAJARAN - BUKU PERDAGANGAN - BUKU PSIKOLOGI - BUKU RELIGI - BUKU TUTORIAL - GADGET HEWAN - GADGET PERMAINAN - GADGET JAM - GADGET KALENDER - RANGKAIAN ELEKTRONIKA - SMS GRATIS

Thursday, October 20, 2011

Daya Ikat dalam Kristal

Kristal tersusun dari atom-atom yang teratur, keteraturan kristal terjadi karena adanya ikatan antar atom. Ikatan-ikatan atom pembentuk kristal antara lain : ikatan ionik, ikatan kovalen, ikatan hidrogen, ikatan Van Der Waals, dan ikatan logam.

1.         ikatan ionik
a)        Terjadi akibat ikatan ionik antara ion-ion dalam zat padat.
b)        Ikatan ionik terjadi karena gaya tarik elektrostatik antara ion positif dan ion negatif.
c)        Pada kristal ionik, tiap ion dikelilingi oleh ion-ion yang lain.
d)       Contoh : kristal NaCl
Ikatan natrium dan klorin terjadi karena adanya serah terima elektron, natrium merupakan logam dengan reaktivitas tinggi karena mudah melepas elektron dengan energi ionisasi rendah sedangkan klorin merupakan nonlogam dengan afinitas atau daya penagkapan elektron yang tinggi. Apabila terjadi reaksi antara natrium dan klorin maka atom klorin akan menarik satu elektron natrium. Akibatnya natrium menjadi ion positif dan klorin menjadi ion negatif. Adanya ion positif dan negatif memungkinkan terjadinya gaya tarik antara atom sehingga terbentuk natrium klorida.

2.        Ikatan Kovalen
Ikatan yang terjadi karena adanya pemakaian bersama elektron-elektron dari atom-atom yang bersangkutan.Ikatan kovalen disebut juga sebagai patungan elektron valensi dari kedua atom.


3.        Ikatan Hidrogen
Ikatan ini merupakan gaya tarik menarik antara atom H dengan atom lain yang mempunyai keelektronegatifan besar pada satu molekul dari senyawa yang sama.

4.      Ikatan Van Der Waals
Ikatan Van Der Waals ialah ikatan yang erupa tarik menarik molekul-molekul yang berdekatan. Ikatan ini terjadi pada gas dimana mempunyal sifat bentuk dan volumenya dapat berubah sesuai tempatnya. Jarak antara molekul-molekul gas relatif jauh dan gaya tarik menariknya sangat lemah. Pada penurunan suhu, fasa gas dapat berubah menjadi fasa cair atau padat sehingga pada keadaan ini jarak antara molekul-molekulnya menjadi lebih dekat dan gaya tarik menariknya relatif lebih kuat.

5.        Ikatan logam

Ikatan logam ialah ikatan antara atom-atom logam dalam kristal logam. Pada logam elektron-elektron yang menyebabkan terjadinya ikatan di antara atom-atom logam tidak hanya menjadi milik sepasang atom saja, tetapi menjadi milik semua atom logam, sehingga elektron-elektron dapat bergerak bebas. Karena itulah maka logam-logam dapat menghantarkan arus listrik.



Komentar
0 Tanggapan
Tweet

0 comment:

Post a Comment

 
Obrolan