TERSEDIA : BUKU ANALISIS - BUKU BIOGRAFI - BUKU BISNIS - BUKU CERITA - BUKU DEWASA - BUKU HUMOR - BUKU MANAJEMEN - BUKU MOTIVASI - BUKU NOVEL - BUKU PELAJARAN - BUKU PERDAGANGAN - BUKU PSIKOLOGI - BUKU RELIGI - BUKU TUTORIAL - GADGET HEWAN - GADGET PERMAINAN - GADGET JAM - GADGET KALENDER - RANGKAIAN ELEKTRONIKA - SMS GRATIS

Thursday, October 20, 2011

Membuat blog di blogger dengan domain blogspot.com

Pada pembuatan blog ini anda akan lebih dikenalkan dalam pembuatan blog di blogger atau di blogspot. Hal ini di karenakan penyedia layanan seperti blogger atau blogspot ini menyediakan layanan pembuatan blog dengan gratis tanpa anda harus membayar terlebih dahulu. Walaupun ada penyedia layanan yang gratis lainnya, akan tetapi penyedia layanan gratis seperti blogger atau blogspot ini masih bisa menjadikan anda seorang blogger dengan mudah, dimana ketika anda mendaftar melalui situs www.blogger.com dengan nama domain yang akan anda dapatkan adalah sub domain dari blogspot, misalnya : nama_anda.blogspot.com

Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat blog di blogger, namun ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. Beberapa contoh kelebihan blogspot di banding yang lain yaitu mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, lebih mudah dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih menarik karena hasil kreasi sendiri, custom domain atau anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri misalkan nama_anda.blogspot.com diubah menjadi nama_anda.com, sedangkan hosting tetap menggunakan blogspot dan masih tetap gratis.
Berikut ini adalah cara membuat blog dan mendaftar di blogger atau di blogspot. Caranya tidak terlalu sulit yang anda banyangkan, anda cukup mengikuti langkah – langkah dibawah ini.

Langkah – langkah pembuatan blog dan cara mendaftar di blogger atau di blogspot.

1.        Pastikan anda sudah memiliki sebuah email
2.        Buka browse anda (misalnya mozila firefox), kemudian tulis situs http://www.blogger.com/ seperti pada gambar dibawah ini, setelah itu tekan enter.


3.        Jika sudah, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian klik kotak yang bertuliskan “memulai”.


4.        Setelah anda mengklik tanda tersebut, maka langkah pertama anda adalah menciptakan sebuah akun google dengan mengisi formulir pendaftaran secara benar dan lengkap. Khusus pada kolom password, di usahakan membuat password baru yang berbeda dengan password email anda serta orang lain tidak bisa menebaknya dan anda bisa selalu mengingatnya. Kemudian jangan lupa mencentang kotak samping tulisan “Saya menerima Persyaratan dan Layanan”. Jika sudah dicentang, maka klik tulisan ‘lanjutkan”, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. 


5.        Selanjutnya opsi verifikasi akun anda dengan memilih negara asal dan memasukkan nomor ponsel anda, kemudian klik kotak yang bertuliskan “kirim kode verifikasi ke ponsel saya”, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.


6.        Google akan mengirim pesan teks yang berisi kode verifikasi ke telepon seluler Anda. Jika anda sudah menerima pesan berupa kode verifikasi google anda, maka masukkan kode tersebut tepat di bawah tulisan “masukkan kode”, kemudian klik kotak yang bertuliskan “verifikasi”. Tetapi jika anda tidak mendapatkan kode tersebut, maka klik tulisan “coba kirim ulang” yang terlelak didalam lingkaran merah pada gambar di bawah ini.

7.        Sesudah berhasil diverifikasi, langkah kedua anda adalah memberi nama blog anda dengan mengisi judul dan alamat blog (url) anda. Setelah itu periksa alamat blog anda tersebut, apakah sudah digunakan oleh orang lain atau tidak, yaitu dengan mengklik tulisan “cek ketersediaan” tepat dibawah kotak alamat blog anda atau tulisan yang dilingkari warna merah pada gambar dibawah ini. Jika alamat blog anda tidak tersedia, maka anda harus mengganti atau menambah beberapa kata lagi untuk alamat blog anda tersebut. Jika alamat blog anda sudah tersedia, maka silahkan anda langsung klik tulisan “LANJUTKAN” yang berada pada kotak yang berbentuk anak panah seperti pada gambar dibawah ini.


8.        Sesudah berhasil memberi nama blog anda, maka langkah ketiga anda adalah pilih template awal anda. Misalkan anda memilih template “mudah”, maka anda bisa langsung klik tulisan “LANJUTKAN” yang berada pada kotak yang berbentuk anak panah seperti pada gambar dibawah ini.


9.        Sesudah anda memilih template, maka selamat blog anda sudah jadi. Untuk selanjutnya, langsung saja klik tulisan “MULAI BLOGGING” yang berada pada kotak yang berbentuk anak panah seperti pada gambar dibawah ini.

10.    Tampilan selanjutnya adalah postingan anda, jika anda ingin melihat tampilan blog anda, klik saja tulisan “lihat blog” yang dilingkari warna merah pada gambar dibawah ini atau langsung klik tulisan “pratinjau” yang berada dibawah kotak postingan anda seperti pada gambar dibawah ini.


11.    Selesai 

Jika ada yang belum jelas atau kurang dimengerti, bisa anda tanyakan langsung lewat kotak komentar dibawah ini.

Komentar
1 Tanggapan
Tweet

1 comment:

Post a Comment

 
Obrolan